4 Alasan Untuk Makan Serat

4 February 2019


Buat Yogurtarian yang cinta banget sama Heavenly Blush TummYogurt Drink dan Bar pasti tahu banget dong, kandungan serat tinggi yang ada di setiap kemasannya. Sebenarnya serat itu apa sih? Dan apa saja gunanya buat tubuh kita? Yuk simak artikel ini sampai habis ya!

 

Apa Itu Serat?

 

Serat adalah jenis mineral yang tidak mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Serat hampir sama seperti karbohidrat yang mampu memberikan energi pada tubuh, namun serat lebih rendah kalori.

 

Serat terbagi menjadi dua jenis, yaitu serat yang larut air dan serat yang tidak larut air. Serat larut air adalah jenis serat ini larut dalam air sehingga membentuk massa seperti gel. Sementara serat tidak larut air adalah jenis serat yang mendukung pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan massa kotoran, sehingga sangat bermanfaat untuk sembelit atau konstipasi.

 

Manfaat Serat

 

  1. Melancarkan Pencernaan

Serat dapat meningkatkan massa dan ukuran kotoran, karena sifatnya yang menyerap air, dan membuat kotoran menjadi lebih lunak sehingga tidak sakit ketika dikeluarkan. Kalau kamu merasa kotoran kamu keras dan susah dikeluarkan, tandanya kamu kurang konsumsi serat tuh. Jangan dibiarkan terus, nanti bisa menjadi sembelit  atau bahkan wasir lho. Makanan yang bisa membantu atasi sembelit biasanya akan banyak serat, tetapi ada juga makanan lain yang bisa membantu meringankan sembelit.

 

  1. Menjaga Berat Badan

Makanan yang tinggi serat membuat kenyang lebih lama dibanding yang mengandung gula, sehingga kamu tidak mudah lapar. Selain itu, serat umumnya rendah kalori, sehingga kalori yang masuk ke tubuh kamu tidak terlalu besar.

 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Serat juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit lho, Yogurtarian. Serat yang terdapat pada buah dan sayuran dapat memindahkan berbagai jenis racun, bakteri, dan jamur yang bisa menjadi pemicu jerawat dan kulit kusam, yang masuk ke dalam sistem pencernaan melalui makanan.

 

  1. Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Serat, terutama yang berbentuk larut air, sangat bermanfaat bagi kamu yang menderita diabetes. Serat dapat memperlambat pengosongan lambung sehingga juga memperlambat penyerapan gula oleh tubuh, dan menyebabkan kadar gula darah tidak cepat naik. Kadar gula darah yang normal juga akan membantu kesehatan batu empedu dan menurunkan resiko gangguan ginjal.

 

Makanya jangan lupa untuk konsumsi serat secara rutin ya, Yogurtarian. Rangkaian Heavenly Blush Tummy Yogurt hadir untuk memenuhi kebutuhan seratmu. Heavenly Blush Tummy Yogurt Drink tinggi akan serat dari buah dan sayuran, dan Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar dengan 6 multigrains dan kacang-kacangan dengan dua kali benefit; menjaga kesehatan pencernaan dan membuat buang air besar jadi teratur.
Stay healthy with Heavenly Blush! (Q)