5 Cara Mengatasi Sembelit Untuk Ibu Hamil

22 August 2019


Besar kemungkinan seseorang bisa terkena sembelit saat hamil lho, Yogurtarian. Bahkan hasil riset mengatakan 3 dari 4 ibu hamil rentan terkena sembelit. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak artikel ini sampai habis untuk tahu tips apa saja yang berguna buatmu supaya bebas sembelit saat hamil!

 

Kenapa Ibu Hamil Rawan Sembelit?

 

Penyebab utama mengapa seseorang yang sedang hamil rentan terkena sembelit adalah karena meningkatnya hormon progesteron yang membuat gerakan otot halus menjadi lebih rileks. Hal ini mengakibatkan organ pencernaan menjadi rileks dan bekerja lebih lambat. Selain itu, perut yang membesar juga menjadi salah satu faktor sembelit saat hamil. Perut yang membesar akan menimbulkan tekanan rahim pada pembuluh darah balik panggul dan vena cava inferior, yang mempengaruhi kinerja usus halus dan usus besar.

 

Bagaimana Cara Menanggulanginya?

 

  1. Konsumsi Serat Rutin

Yogurtarian, serat adalah kandungan makanan terbaik untuk mengatasi sembelit, hands down. Karenanya, konsumsi serat secara rutin sangatlah penting bagi penderita sembelit. Baik hamil maupun tidak, konsumsi serat sangat membantu untuk menguraikan makanan di dalam usus, karenanya konsumsi serat lebih rutin ya.

 

  1. Kurangi Konsumsi Zat Besi

Suplemen ibu hamil biasanya mengandung zat besi. Namun, suplemen ini juga yang menyebabkan sembelit, bahkan juga mengakibatkan gangguan pencernaan lainnya seperti perut bergas, mual, dan kembung. Yogurtarian bisa coba mengkonsultasikan dengan dokter mengenai suplemen ini.

 

  1. Lebih Banyak Minum Air Putih

Saat hamil, tubuh menyerap lebih banyak air, sehingga ibu hamil harus mengkonsumsi lebih banyak air daripada biasanya. Normalnya, konsumsi delapan gelas air putih setiap harinya. Ibu hamil disarankan untuk minum sepuluh hingga dua belas gelas air putih.

 

  1. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

Olahraga yang disarankan untuk ibu hamil adalah sepeda statis, berjalan kaki, dan berenang. Senam kegel juga dapat membantu pergerakan usus halus, dan dapat melatih otot dalam menghadapi persalinan.

 

  1. Jangan Konsumsi Obat Pencahar

Apabila cara-cara diatas sudah dilakukan tetapi masih juga merasakan sembelit, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan. Jangan asal minum obat pencahar ya, Yogurtarian, karena salah-salah malah berbahaya bagi kandungan.

 

Itulah sebab dan cara penanggulangan sembelit untukmu yang sedang hamil. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Yogurtarian. Stay healthy with Heavenly Blush! (Q)