5 Makanan Sehat Ala Jepang yang Wajib Kamu Coba!

22 August 2019


Halo Yogurtarian-tachi, apa kabar? Dengar-dengar di Indonesia sekarang sedang musim penghujan ya. Di Tokyo baru-baru ini turun salju. Tokyo jarang sekali turun salju, makanya jadi agak kaget juga nih. Kita sama-sama sedang mengalami cuaca ekstrim ya.

 

Hmm… Di hari-hari rawan penyakit seperti ini, enaknya makan yang bergizi, apalagi kalau berkuah dan disajikan hangat-hangat. Jadi kali ini aku akan membahas apa saja comfort food ala Jepang yang baik dimakan di cuaca ekstrim. Ikuti terus ceritaku ya!

 

  1. Oden

oden yoguruto heavenly blush

Ini dia, makanan paling populer di convenience store sepanjang musim gugur dan dingin. Oden merupakan sajian makanan hangat berkuah dari kaldu rumput laut, isinya irisan lobak daikon, mie konyaku, bakso ikan, bakso cumi, dan olahan seafood lainnya. Selain di jual di mini market, oden juga dijual di kios pinggir jalan yang menjual yakitori alias sate ayam. Selain karena kaldu rumput lautnya yang dapat membantu kesehatan pencernaan, bahan-bahan lainnya juga sangat baik bagi kesehatan, seperti misalnya mie konyaku yang baik untuk mengurangi kolesterol.

 

  1. Nabe

Nabe Yoguruto Heavenly Blush

Nabe juga merupakan makanan rebusan. Berbeda dengan oden, nabe berisi daging dan sayuran. Cara penyajiannya pun berbeda. Biasanya nabe disajikan di tengah meja dan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Makanan ini jarang ditemui di toko-toko, karena konsepnya memang masakan keluarga. Porsi sayuran dalam nabe lebih banyak daripada dagingnya, jadi jelas menyehatkan.

 

  1. Sup Miso

Miso Yoguruto Heavenly Blush

Sup miso mungkin merupakan sup Jepang yang paling familiar bagimu ya, Yogurtarian-tachi. Sup yang biasa disajikan dengan nasi ini terbuat dari pasta miso yang merupakan fermentasi dari kedelai, mengandung vitamin B, E, K, dan asam folat. Di dalam sup miso biasanya terdapat rumput laut dan potongan tahu yang juga baik bagi kesehatan.

 

  1. Tamago Kake Gohan (TKG)

Tamago Kake Gohan Yoguruto Heavenly Blush

Nah, makanan ini mungkin agak asing bagi kamu, Yogurtarian-tachi. Tamago kake gohan secara harafiah berarti telur di atas nasi. Caranya membuatnya benar-benar dengan memecahkan telur di atas nasi panas saja. Telur di Jepang sudah dipasteurisasi, jadi meskipun mentah, aman dimakan, dan sangat bergizi tinggi karena mengandung omega 3. Makanan ini sangat populer dimakan apabila keadaan tubuh sedang tidak fit karena dipercaya dapat meningkatkan stamina.

 

  1. Ochazuke

Chazuke Yoguruto Heavenly Blush

Terakhir adalah ochazuke, makanan yang merupakan nasi sisa disiram teh panas. Makanan ini biasanya disajikan terakhir, setelah perut hampir kenyang dengan hidangan utama yang disajikan. Selain nasi dan teh, ochazuke juga berisi sisa-sisa lauk seperti salmon dan rumput laut. Karena mudah dicerna, ochazuke sangat baik untuk kamu yang merasa tidak enak badan, Yogurtarian-tachi.

 

Makanan-makanan yang ku bahas tadi menggunakan bahan-bahan seperti adanya tanpa melalui proses berlebihan, sehingga nutrisinya lebih terjaga. Jadi lapar ya, hehehe. Di musim yang dingin ini, jangan lupa jaga kesehatan dengan membawa jaket dan minum vitamin setiap hari ya, Yogurtarian-tachi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! (Sachi)