5 Manfaat Serat yang Mungkin Belum Kamu Tahu

22 August 2019


Good day, Yogurtarian. Di beberapa artikel sebelumnya (baca 4 Alasan Untuk Makan Serat), sudah pernah dibahas apa-apa saja manfaat serat bagi kesehatan pencernaan kita. Tapi sebenarnya ada lebih banyak lagi lho, manfaat serat bagi kesehatan kita pada umumnya. Penasaran kan? Ikuti terus ya artikel ini.

 

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu manfaat serat yang tidak banyak orang tahu adalah, serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) dalam darah. Serat larut air dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan sehingga kolesterol tidak sempat diserap ke dalam tubuh dan terbuang melalui kotoran.

 

  1. Menurunkan Resiko Kanker Usus

Manfaat serat lainnya yang tidak banyak diketahui adalah, serat mampu menurunkan resiko kanker usus hingga 40%. Hal ini dapat terjadi karena penyebab kanker usus adalah makanan yang mengandung lemak tinggi, garam, dan juga kolesterol. Dengan mengkonsumsi serat, otomatis kandungan-kandungan tersebut tidak terserap dalam tubuh dan terikat oleh serat sehingga terbuang melalui kotoran. Jadinya kita lebih aman dari resiko kanker usus.

 

  1. Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi hormon insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Penyakit satu ini banyak diderita oleh mereka yang mengalami obesitas. Nah, konsumsi serat yang cukup dapat memperlambat masuknya glukosa ke dalam darah, dan membuat hormon insulin menjadi terdistribusi dengan baik. Jadi resiko tersebut bisa diminimalisir dengan baik.

 

  1. Menunjang Tulang Agar Menjadi Kuat

Beberapa jenis serat larut air atau disebut juga prebiotik terbukti ampuh dalam meningkatkan ketersediaan kalsium untuk tulang. Prebiotik yang terdapat pada daun bawang, asparagus, kedelai, dan juga gandum ini, bila dikonsumsi rutin, dapat membantu tulang menjadi lebih kuat dan sehat.

 

  1. Membantu Tubuh Mendapatkan Energi

Sesungguhnya serat juga merupakan jenis karbohidrat lho, Yogurtarian. Tetapi jenisnya yang mudah diserap oleh tubuh dan organ saluran pencernaan. Konsumsi serat secara teratur dapat meningkatkan penyerapan energi. Selain itu, karena menghasilkan energi dengan cara yang lebih ringan, serat juga dapat membantu menurunkan berat badan.

 

Di antara kelima manfaat serat di atas, apakah ada yang kamu sudah tahu? Bila belum, jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu juga yang kamu rasa belum tahu ya. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Jangan lupa konsumsi serat lebih banyak ya, Yogurtarian. Stay healthy with Heavenly Blush!