5 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan si Kecil

22 August 2019


Hi Moms, tahu tidak kalau kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak bersih dan sehat dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada anak. Padahal, sistem pencernaan sangat berperan penting dalam pembentukan sistem imun tubuh. Kalau sistem pencernaannya terganggu, daya tahan tubuh si Kecil bisa menurun dan lebih rentan terkena penyakit lainnya. Oleh sebab itu, yuk jaga kesehatan pencernaan si Kecil dengan melakukan beberapa hal berikut ini!

 

Say No to Makanan Kaleng

 

Kondisi sistem pencernaan si Kecil sangat dipengaruhi oleh makanan yang masuk ke tubuhnya. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada si Kecil demi menjaga kesehatan pencernaannya, salah satunya adalah makanan kaleng, karena kerap mengandung lemak trans dan bahan pengawet lain yang tentunya tidak baik bagi kesehatan si Kecil. Sebaiknya masak sendiri saja Moms, selain kualitas dan gizi makanan terjamin, juga pasti lebih cocok dengan selera si Kecil.

 

Konsumsi Probiotik

 

Tidak semua bakteri dalam tubuh bersifat jahat lho, Mom. Bakteri baik mampu membantu mengatasi diare dan kembung yang biasa dirasakan si Kecil. Nah, untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan, bisa memberikan makanan kaya probiotik. Dengan begitu, bakteri jahat pun bisa dicegah. Tidak hanya itu, Mum, bakteri baik ternyata juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil, lho!

 

Banyak Minum Air Mineral

 

Air mineral sangat penting dan berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya ternyata sangat baik untuk kesehatan pencernaan si Kecil, terutama jika si Kecil sering mengalami diare. Sangat dianjurkan untuk minum air mineral yang banyak untuk menghindari dehidrasi. Atau jika si Kecil sedang aktif lari kesana kemari, beri air mineral yang banyak untuk menggantikan air di dalam tubuhnya.

 

Ajak si Kecil Berolahraga

 

Selain makanan, aktivitas harian si Kecil ternyata juga berpengaruh pada kesehatan pencernaannya. Seorang ahli gizi dari AS bernama Beth Pinkos, MS, RD, LDN, mengatakan bahwa olahraga dan gerakan aktif lainnya mampu membantu isi perut si Kecil untuk berjalan ke arah seharusnya. Tidak hanya itu, Mum, berolahraga juga mampu menstimulasi aktivitas saluran cerna sehingga proses pencernaan dan penyerapan gizinya pun bisa optimal. Ajak olahraga bersama setiap pagi sekeluarga pasti menyenangkan, Moms. Tidak perlu yang sulit, cukup mengitari rumah 2-3 kali setiap pagi.

 

Hindari Makan Berlebihan

 

Setiap orang tua mana yang tidak senang jika melihat anaknya makan dengan lahap. Namun harus tetap mengawasi si Kecil agar ia tidak makan secara berlebihan atau terlalu cepat. Hindari memberi makanan dalam porsi sangat besar agar si Kecil tidak merasa “bertanggung jawab” untuk menghabiskannya. Karena jika si Kecil makan terlalu banyak atau cepat, sistem pencernaannya bisa merasa kesusahan untuk memprosesnya dalam tubuh.

 

 

Nah, gampang bukan, Moms? Hanya perlu dilakukan dengan konsisten, dan jangan lupa memberikan si Kecil contoh untuk hidup sehat dan menjaga pencernaannya dengan banyak mengonsumsi makanan bergizi dan tinggi serat. Heavenly Blush Yo! Yogurt For Kids juga memiliki kandungan tinggi serat dari sayur dan buah, yang dapat memudahkan anak mengonsumsi serat lho,Moms. Kandungan serat buah dan sayur dalam satu pack Heavenly Blush Yo! Yogurt For Kids sudah bisa memenuhi 30% dari kebutuhan serat harian anak Anda. Selalu sedia Heavenly Blush Yo! Yogurt For Kids untuk kebutuhan sehari-hari anak Anda. (LS)