Asam Amino Dalam Protein Membantu Diet

18 December 2018


Sudah olahraga rajin tetapi berat badan belum kunjung turun. Kenapa ya? Nah, Yogurtarian, apakah kamu sudah mengkonsumsi protein dalam jumlah yang tepat? Kalau jawabannya belum, bisa jadi karena kamu kurang mengkonsumsi protein, Yogurtarian. Konsumsi protein membantu penurunan berat badanmu lho. Mau tahu kenapa? Baca lanjutannya di bawah ya!

Apa Itu Asam Amino?

Asam amino adalah senyawa organik yang mengandung setidaknya satu kelompok amino (-NH2) dan kelompok karboksil (-COOH). Asam amino merupakan struktur terkecil dari protein. Ada sekitar 20 jenis asam amino yang membentuk protein. Sebagian besar sel-sel kita, otot dan jaringan terdiri dari asam amino, yang berarti mereka melaksanakan banyak fungsi penting dalam tubuh, seperti memberi bentuk pada sel, memproduksi enzim, hormon, dan neurotransmiter. Juga berperan dalam transportasi dan penyimpanan nutrisi.

Ada 3 jenis atau kelompok asam amino, yaitu asam amino kondisional, asam amino esensial, dan asam amino non-esensial. Nah, dari ketiga jenis asam amino di atas, asam amino esensial adalah asam amino yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, karena itu, harus diperoleh dari makanan. Contohnya antara lain asam amino histidin, lisin, metionin, tryptophan, valine.

Asam Amino Membantu Pembakaran Lemak

Ketika kita mengkonsumsi protein, tubuh akan mengolahnya menjadi asam amino. Gunanya adalah untuk membentuk massa otot sehingga mengurangi massa lemak, juga membantu sekresi hormon pembakar lemak, sehingga tubuhmu akan membakar lemak lebih banyak. Selain itu, asam amino juga berfungsi untuk menyembuhkan kecanduan gula, menghentikan nafsu makan, dan meningkatkan metabolisme. Jadi dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein, kita jadi tidak mudah lapar dan diet jadi lebih terkontrol deh, Yogurtarian.

Makan Makanan Tinggi Protein

Apa saja sih makanan tinggi protein yang bisa kita konsumsi? Protein terbagi menjadi dua jenis, yaitu protein nabati dan protein hewani. Protein nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti jagung, kacang kedelai, kacang hijau, dan jenis kacang-kacangan lainnya. Sedangkan protein hewani berasal dari hewan, dimana hewan memakan tumbuhan yang mengandung protein nabati dan diubah menjadi protein hewani. Di antaranya daging sapi, daging ayam, ikan, udang, telur, susu, dan tentu saja yogurt.

 

Tuh, intinya konsumsi protein sangat dianjurkan untuk diet berat badan. Jadi jangan lupa untuk konsumsi protein secara tepat ya, Yogurtarian! Untuk kamu-kamu yang sedang diet, ada Heavenly Blush Greek Yogurt nih. Yogurt tinggi protein yang kental dan nikmat, sama sekali nggak bikin kamu merasa bersalah, dengan topping buah-buahan segar yang cocok kamu nikmati di waktu santai ataupun sebagai pengganjal lapar. Yuk nikmati Heavenly Blush Greek Yogurtmu hari ini, stay healthy with Heavenly Blush!