Bagaimana Yogurt Menyehatkan Pencernaanmu

29 October 2018


Di zaman yang serba praktis dan cepat, tentunya kita tidak boleh melupakan kesehatan tubuh. Metabolisme tubuh yang baik akan membawa kita pada kinerja yang produktif, karena itu kesehatan sangat perlu diperhatikan terutama kesehatan pencernaan. Pola hidup sehat dan teratur dapat dimulai sejak dini, salah satunya yaitu dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Yogurt adalah salah satu makanan/minuman yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Yogurt merupakan hasil olahan susu sapi yang difermentasi dari bakteri asam laktat dan yogurt mengandung bakteri yang baik bagi sistem pencernaan.

Keseimbangan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat di dalam tubuh sangat mempengaruhi kebugaran tubuh, karena jika terlalu banyak jumlah bakteri jahat di dalam tubuh maka tubuh kita akan rawan terserang penyakit, baik penyakit ringan seperti flu maupun penyakit berat seperti kanker. Oleh sebab itu, kita dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik dengan cara mengonsumsi makanan/minuman yang mengandung prebiotik, sehingga bakteri baik di dalam tubuh dapat berkembang dan melawan bakteri jahat secara maksimal.

Bakteri asam laktat Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus dan juga bakteri probiotik yang terkandung dalam yogurt dapat menyehatkan saluran pencernaan karena bakteri akan melawan bakteri jahat yang membuat dinding usus kotor yang nantinya akan terbuang melalui proses BAB.

Hal tersebut dapat mengurangi resiko kanker usus atau kanker saluran pencernaan serta membuat metabolisme tubuh kita dapat berjalan lebih baik. Usus yang terjaga kebersihannya dapat menyerap nutrisi dari makanan lebih optimal. Apabila usus kita kotor, maka zat gizi yang bermanfaat dari makanan yang kita konsumsi bisa terbuang percuma. Pada masa penyembuhan, kondisi ini dapat merugikan tubuh karena proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama. Selain membersihkan usus, bakteri baik juga memiliki manfaat lainnya seperti menghilangkan bau mulut yang tidak sedap dan membantu mencegah keputihan pada wanita.

Selain itu, yogurt memiliki kadar lemak yang rendah sehingga kita tidak perlu khawatir menjadi gemuk saat mengonsumsi yogurt secara teratur. Yogurt juga sangat disarankan bagi kita yang sedang menjalankan program diet sehat karena dapat membantu kita untuk merasa kenyang lebih lama dan dibuat dari bahan alami (buah-buahan dan sayuran asli) tanpa bahan pengawet. Yogurt merupakan salah satu alternatif yang praktis dan lebih bersahabat bagi kita yang ingin memulai menjalankan pola hidup sehat di masa kini.