Begini Cara Mencegah Konstipasi!

2 January 2019


Konstipasi, atau yang lebih umum disebut sembelit, adalah keadaan dimana buang air besar seseorang tidak lancar. Konstipasi juga membuat kotoran menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Yogurtarian, apakah kamu pernah atau sedang mengalami konstipasi? Kalau iya, simak artikel berikut ya!

Apa Saja Sebab Konstipasi?

Ada banyak faktor yang menyebabkan konstipasi, diantaranya pola makan yang kurang baik yaitu terlalu banyak mengkonsumsi gula, lemak, dan minim serat, kurangnya olahraga, efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu, atau kondisi kesehatan tertentu, misalnya Irritable Bowel Syndrome (IBS), stroke, kanker kolon, stress, parkinson, cedera tulang belakang, hipotiroid, kehamilan, diabetes, lupus, dan juga penuaan.

Bagaimana Mencegah Konstipasi?

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Kurang mengkonsumsi serat biasanya merupakan penyebab utama seseorang terkena konstipasi. Karenanya, kita harus mengkonsumsi serat yang cukup ya, Yogurtarian. Pastikan kamu mengkonsumsi serat 25-30 gram perhari. Serat bisa didapatkan dari sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian, dan gandum utuh.

  1. Cukup Minum Air Putih

Selain serat, cairan juga dapat membantu melancarkan buang air besar. Jadi kita harus minum air putih yang cukup ya, Yogurtarian! Biasakan minum 2-2.5 liter atau 8-12 gelas air putih setiap hari. Dan hindari minum kafein, karena kafein dapat meningkatkan volume urine dan membuat tubuh kita menjadi dehidrasi.

  1. Olahraga Teratur

Beraktivitas ringan selama 30 menit sehari ternyata membantu sistem pencernaan sehingga kita tidak gampang sembelit lho, Yogurtarian. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berenang, atau perbanyak kegiatan di luar ruangan.

  1. Konsumsi Probiotik

Yogurtarian pasti sudah akrab dengan istilah probiotik. Yup, probiotik adalah bakteri baik yang menguntungkan tubuh, khususnya sistem pencernaan. Makanan yang mengandung probiotik bisa mengatasi konstipasi dengan memproduksi asam laktat dan asam lemak yang mampu merangsang pergerakan usus. Selain terdapat di dalam yogurt, probiotik juga terdapat

Nah, untuk kamu yang sedang mengalami konstipasi, jangan khawatir. Ada Heavenly Blush TummYogurt Drink yang kaya serat dari buah dan sayur, dan Heavenly Blush TummYogurt Bar yang tinggi serat dari 6 multigrains. Yuk, konsumsi Heavenly Blush TummYogurt mulai dari sekarang. Stay Healthy with Heavenly Blush!