Bit Itu Buah Atau Sayur Sih?

22 August 2019


Yogurtarian yang akrab dengan Heavenly Blush Tummy Yogurt Drink pasti familiar dengan rasa Blueberry Redbeet. Redbeet atau bahasa Indonesianya bit, seringkali diperdebatkan apakah itu buah atau sayur. Namun, kandungan buah (atau sayuran) yang satu ini tidaklah main-main. Simak artikel berikut untuk tahu lebih banyak mengenai khasiat dari si merah yang tak hanya lezat, tapi juga bermanfaat!

 

Bit; Buah Atau Sayur?

 

Buah bit atau buah bit merah merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna kemerahan. Meskipun sering disebut buah, bit sebenarnya merupakan keluarga tanaman Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu keluarga dekat dengan sayur lobak, dan sayur-sayuran berakar lainnya. Awalnya, buah bit dikonsumsi hanya bagian akarnya saja yang terasa manis, namun lama-kelamaan bagian daging buah dan daunnya juga dikonsumsi.

 

Kandugan Gizi Buah Bit

 

Buah bit rendah akan lemak dan kalori, sehingga sangat cocok untuk diet. Kandungan betasianin (pigmen ungu) dan betasantin (pigmen kuning) yang terdapat pada buah bit inilah yang membuat warnanya menjadi merah gelap keunguan. Karena warnanya yang pekat ini, buah bit juga sering dipakai sebagai pewarna makanan alami. Kandungan nutrisi dalam buah bit antara lain Asam folat, Serat, Vitamin C, Magnesium, Zat besi, antioksidan dan beberapa kandungan lainnya.

 

Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

 

  1. Menurunkan Tekanan Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Buah bit kaya akan asam nitrat. Di dalam tubuh, zat ini akan diubah menjadi nitrid oksida yang berperan penting dalam penurunan tekanan darah. Beberapa penelitian juga menunjukkan kandungan pigmen merah betasianin dan antioksidan di dalam buah bit memainkan peran dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung. Kandungan tersebut yang ada pada buah bit dapat membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL dan mencegahnya agar tidak menempel di dinding arteri.

 

  1. Baik Bagi Penderita Diabetes

Buah bit mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang diduga bisa mencegah kerusakan sel dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada penderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah bit dalam memperbaiki kadar gula darah lebih terlihat signifikan terhadap mereka yang menderita obesitas dibanding dengan yang berat badannya ideal.

 

  1. Baik Bagi Ibu Hamil dan Janin

Kandungan lain dari buah bit yang sangat bermanfaat adalah asam folat. Zat ini merupakan zat yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, dan sangat disarankan oleh dokter. Asam folat dapat membantu mencegah cacat tabung syaraf pada janin dan menurunkan resiko janin terlahir prematur. Hanya saja perlu dicatat, buah bit tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi oleh ibu hamil, ya.

 

  1. Detoks Alami Untuk Tubuh

Buah bit dapat membantu detoksifikasi alami tubuh, dengan membantu kinerja organ-organ detoks seperti hati dan ginjal, agar bekerja secara maksimal. Resep terbaik untuk membersihkan ginjal adalah dengan mengkonsumsi jus bit dicampur dengan wortel dan mentimun.

 

  1. Mengurangi Masalah Pencernaan

Jangan lupa lho, buah bit ini kaya akan serat. Terdapat 3.8 gram dalam satu porsi (satu cangkir) buat bit. Pastinya Yogurtarian sudah khatam dong dengan manfaat serat. Hal ini yang membuat buah bit sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan pencernaan.

 

Nah, Yogurtarian, semua manfaat buah bit ini dapat kamu nikmati dalam satu botol Heavenly Blush Tummy Yogurt Drink Blueberry Redbeet. Nikmati manfaat 2x benefit-nya setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan pencernaanmu dan juga membantu melancarkan buang air besar. (Q)