Diet the Easy Way

17 January 2019


Mendengar kata “diet” biasanya memang bikin was-was ya, Yogurtarian. Rasanya sulit sekali berkomitmen untuk menjalankan diet. Akibatnya, diet seringkali gagal, atau berhenti di tengah jalan. Worry not, karena di artikel ini akan dibahas apa saja kiat-kiat supaya nggak gagal diet. Tapi sebenarnya apa sih yang bikin diet itu susah banget dijalankan?

 

Sebelum kita mulai pembahasan mengenai kenapa diet sulit sekali dilakukan, terlebih dahulu kita bahas dulu yuk mengenai diet itu sebenarnya apa sih. Diet adalah sebuah metode yang mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, guna mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol. Perlu diketahui, pengertian diet bagi setiap orang berbeda-beda karena setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam melakukan diet. Metodenya pun bermacam-macam, ditambah setiap tahunnya selalu ada fad atau trend diet tertentu.

 

Nah, langsung aja yuk ke tips-tipsnya!

 

🥗 Jangan Lewatkan Waktu Makan

Meskipun metode diet bermacam-macam, tujuan diet umumnya sama—mencapai berat badan yang ideal demi tubuh yang lebih sehat dan bugar. Jadi, diet tidak boleh menyiksa badan ya, Yogurtarian. Diet yang sehat adalah diet yang tidak membahayakan kesehatan. Salah satunya adalah dengan tidak membiarkan perut merasa lapar berkepanjangan. Apabila jam makan datang, usahakan untuk tetap menyantap makanan yang dengan kadar gula dan lemak yang rendah. Kalau sibuk, Yogurtarian bisa ganti makan pagi atau malammu dengan jus buah atau sayuran.

 

🍔 Kurangi Karbohidrat dan Konsumsi Lebih Banyak Protein

Kenapa sih orang diet biasanya nggak makan nasi? Di dalam tubuh, karbohidrat diubah menjadi glukosa. Glukosa akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Namun, glukosa yang tidak terbakar oleh tubuh akan menjadi cadangan makanan dalam bentuk lemak. Eits, bukannya nggak boleh sama sekali ya, karena tubuh kita tetap membutuhkan karbohidrat setidaknya 40% dari total asupan kalori dalam sehari. Karbohidrat yang baik adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini bisa ditemukan di nasi merah, roti gandum, dan whole grain.

 

Nah, sebaliknya dengan karbohidrat dan gula, protein justru membuat kenyang lebih lama karena protein dicerna dengan lambat dan stabil. Jadi, konsumsi lebih banyak protein ya! Protein terdapat dalam produk hewani antara lain daging, ikan, telur, keju, susu, dan tentu saja yogurt! Pilih yogurt yang tinggi protein seperti Heavenly Blush Greek Yogurt yang kental dan nikmat. Heavenly Blush Greek Yogurt Flip dengan potongan buah yang bisa disajikan sesuai seleramu, atau Heavenly Blush Greek Yogurt Click yang praktis dan bisa kamu nikmati dimana saja. Keduanya bisa kamu konsumsi setiap hari tanpa rasa bersalah.

 

🏀 Lebih Rajin Berolahraga

Olahraga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kebugaran. Dalam diet, fungsi utama olahraga adalah membakar kalori lebih banyak sehingga lemak yang merupakan cadangan energi dalam tubuh ikut terbakar. Karenanya kita harus rajin olahraga ya Yogurtarian! Olahraga yang paling mudah adalah perbanyak jalan kaki dan lebih memilih naik tangga daripada lift atau eskalator. Lebih bagusnya lagi, berolahraga setiap pagi selama 30 menit setiap hari.

 

Sekian tips diet dari Heavenly Blush, semoga bermanfaat ya Yogurtarian. Stay healthy with Heavenly Blush! (Q)