#FromSachi : Ikigai -- Lessons From Japan

12 February 2019


Halo Yogurtarian-tachi , perkenalkan namaku Sachi! Pelajar Indonesia yang sedang mengikuti pertukaran pelajar di Jepang dan tertarik dengan segala aspek kebudayaan Jepang. Aku akan berbagi sedikit pengetahuan juga ceritaku tentang Jepang di artikel-artikel yang kutulis, ikuti terus ya!

 

Kali ini aku akan bercerita mengenai Ikigai. Apa itu Ikigai? Secara harafiah, Ikigai artinya adalah “alasan untuk hidup”. Wah, dalem banget ya. Secara simpelnya, Ikigai adalah metode yang berasal dari Jepang, yang digunakan untuk mengetahui tujuan hidup kita guna mencapai kepuasan dalam hidup. Kepuasan hidup yang dimaksud disini adalah irisan dari spiritual dan praktikal yang kita lakukan sehari-hari. Metode ini berasal dari Okinawa, dan sekarang tersebar luas ke seluruh dunia.

 

Kenapa Ikigai dianggap penting? Yogurtarian-tachi, pernahkan merasa bingung dengan pilihan jurusan, unit ekstrakulikuler, kursus-kursus dan komunitas yang kamu pilih? Atau skala besarnya, apakah kamu pernah bingung dengan cita-cita kamu? Nah, metode Ikigai ini akan sangat membantu untuk kamu menemukan apa yang sebenarnya ingin kamu lakukan dalam hidupmu.

 

Sekarang kita latihan yuk, membuat tabel Ikigai. Ambil kertas dan alat tulismu, lalu gambarkan tabel seperti yang di awal kamu lihat.

Buat empat lingkaran dengan masing-masing beririsan di tengahnya. Kemudian isi lingkaran-lingkaran tersebut sesuai dengan keterangan pada tabel di atas.

 

  1. Lingkaran paling atas berisi apa yang Yogurtarian-tachi suka kerjakan, misalnya hobi.
  2. Lingkaran selanjutnya searah jarum jam berisi apa yang menurut Yogurtarian-tachi dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.
  3. Lingkaran bawah berisi keahlian apa yang bisa Yogurtarian-tachi andalkan sebagai mata pencaharian, misalnya kamu pernah membantu orang tuamu berjualan sesuatu, atau membuat komisi dari hasil gambar tanganmu.
  4. Dan lingkaran terakhir berisi apa yang kamu jago banget lakukan seperti misalnya bakat atau prestasi.

 

Kalau sudah, coba bandingkan keempat lingkaran tersebut!

 

  • Irisan lingkaran atas dengan lingkaran kanan adalah cita-citamu.
  • Irisan lingkaran kanan dengan bawah adalah minat besarmu.
  • Irisan lingkaran bawah dengan kiri adalah profesimu.
  • Irisan lingkaran kiri dengan atas adalah keinginan besarmu.
  • Nah, Ikigai adalah irisan tengah, merupakan irisan dari semua lingkaran.

 

Bagaimana Yogurtarian-tachi? Terbantu sekali kan, mengerjakan Ikigai untuk menemukan minat dan bakatmu? Semoga artikel dari Sachi kali ini bermanfaat untukmu ya! Ja mata ne, Stay healthy with Heavenly Blush!

 

— Sachi

 

* kredit gambar www.lavendaire.com