#FromSachi: Kebiasaan Cantik dan Sehat Ala Jepang

22 August 2019


Halo Yogurtarian-tachi, kembali lagi bersamaku, Sachi. Kali ini aku ingin bercerita mengenai bagaimana orang Jepang bisa tampil cantik dan sehat tanpa butuh banyak usaha. Orang Jepang, terutama kaum wanitanya, memang terkenal selalu terlihat cantik dan segar. Apa sih kira-kira rahasianya? Ternyata penampilan cantik dan tubuh sehat orang Jepang berasal dari kebiasaan yang mereka lakukan. Yuk simak kebiasaan-kebiasaan berikut!

 

  1. Makan Dengan Gizi yang Seimbang

Di artikel sebelumnya (#FromSachi: Makanan Sehat Ala Jepang) aku sudah cerita bagaimana pola makan yang baik ala orang Jepang. Sudah baca belum? Kalau belum, jangan lupa baca ya! Orang Jepang makan makanan dengan gizi yang seimbang. Makanannya biasanya terdiri dari olahan tumisan, kukusan, atau panggangan. Rahasia gizi seimbang dari makanan Jepang adalah teknik ichiju sansai, alias satu sup tiga lauk pauk. Lauknya biasanya terdiri dari satu lauk protein (biasanya ikan) dan dua lauk sayuran.

 

  1. Kurangi Minuman Manis

Hayo, siapa di antara kamu Yogurtarian-tachi yang suka jajan minuman manis? Yuk, kita kurangi konsumsi minuman manis kita dan ganti dengan minuman yang lebih menyehatkan. Orang Jepang biasanya mengkonsumsi teh hijau pahit. Minuman ini kaya akan antioksidan dan juga bisa menahan rasa lapar. Tapi buatmu yang nggak suka pahit, jangan khawatir. Kamu bisa mulai dengan minum Heavenly Blush Yōguruto, yogurt enak dengan lebih sedikit gula, nggak perlu khawatir untuk kamu minum tiap hari!

 

  1. Berendam Air Panas

Orang Jepang berendam air panas bukan untuk membersihkan diri, karena sebelum berendam mereka juga mandi dulu sampai bersih. Berendam air panas banyak manfaatnya lho, seperti misalnya meredakan nyeri otot, stress fisik maupun mental, membuka pori-pori, meningkatkan kondisi kulit, dan lain-lain.

 

  1. Menggunakan Minyak Bunga Kamelia

Minyak bunga kamelia, atau bahasa Jepangnya tsubaki, merupakan produk kecantikan yang paling populer dan banyak digunakan. Seperti halnya minyak kelapa atau minyak zaitun, minyak bunga kamelia ini juga digunakan dengan banyak cara, seperti dioleskan ke rambut, wajah, dan badan. Minyak bunga kamelia tidak menyumbat pori-pori, sehingga tidak menyebabkan komedo dan jerawat, juga melembabkan kondisi kulit. Pokoknya minyak ini tokcer banget deh!

 

  1. Menghindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Yogurtarian-tachi terutama yang pergi dan pulang menggunakan kendaraan umum pasti akrab banget deh dengan paparan sinar matahari langsung. Awas, selain karena bisa membuat kulitmu belang, sinar matahari langsung juga berbahaya karena dapat menyebabkan kanker kulit! Jangan lupa oleskan sunscreen sebelum pergi ke luar ruangan, minimal 15 menit sebelumnya. Kalau perlu, gunakan payung atau topi untuk melindungimu dari paparan sinar matahari langsung.

 

Menarik ya, kebiasaan orang Jepang itu. Apakah kamu juga mau meniru kebiasaan-kebiasaan ini, Yogurtarian-tachi? Aku sudah mulai mempraktekkannya dengan minum Heavenly Blush Yōguruto setiap hari. Yuk kita mulai dengan yang paling mudah dulu! Selamat mencoba ya, Yogurtarian-tachi! (Sachi, foto: @recordarejesupie0010)