#FromSachi_ Kebiasaan Sehat Orang Jepang

22 August 2019


Hai Yogurtarian-tachi, kembali lagi bersamaku, Sachi. Baru-baru ini teman sekelasku dilarikan ke rumah sakit di tengah pelajaran. Konon ia terkena flu berat sampai ambruk! Waduh…kesannya serius sekali ya. Jepang memang negara yang sehat sekali sih, jadi orang sakit di Jepang pasti ditangani secara serius. Dan karenanya aku jadi terbiasa melakukan kebiasaan-kebiasaan orang Jepang yang sangat sehat. Ingin tahu kebiasaan sehat macam apa yang aku lakukan di Jepang? Ikuti terus ya ceritaku!

 

 

Less Fried Foods

 

Yogurtarian-tachi sudah baca tulisanku sebelumnya kan? Kalau belum, jangan lupa baca ya (#FromSachi: Makanan Sehat Ala Jepang). Setiap pagi, host family-ku sarapan pagi bersama dengan menu nasi, ikan bakar, natto, sayuran dan acar, dan tamagoyaki alias telur dadar ala Jepang. Menu sarapan kami tidak ada yang digoreng, semuanya ditumis, dikukus, dan difermentasi. Ternyata memang umumnya sarapan keluarga Jepang seperti itu. Selain itu, untuk makan siang, aku dibekali o bentō dari rumah. Kebiasaan ini membuat makan siang yang kita makan lebih terkontrol gizinya dibanding bila membeli makan siang di luaran.

 

Less Sugar

 

Selain itu, orang Jepang juga mengkonsumsi lebih sedikit gula. Kue-kue dan camilan di Jepang ukurannya kecil-kecil dan rasanya tidak terlalu manis karena gulanya lebih sedikit. Bahkan sampai sekarang ada tren minuman kemasan yang berwarna bening seperti air putih, tapi ada rasanya. Orang Jepang percaya mengkonsumsi lebih sedikit gula akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, karena gula darah dalam tubuh jadi lebih terjaga.

 

Less Vehicle Usage

 

Jepang adalah negara pejalan kaki. Di Jepang, kendaraan umum tarifnya mahal, bahkan argo taksi jarak dekat bisa mencapai ratusan ribu kalau dirupiahkan! Ya ampun! Hal ini cukup bikin aku shock waktu pertama pindah ke Jepang, karena capek banget harus jalan kaki atau naik sepeda kemana-mana. Tapi ternyata kebiasaan ini lho yang bikin orang Jepang nggak perlu nge-gym untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Konon kebiasaan ini disebut unplanned exercise. Jadi, kalau mau sehat seperti orang Jepang, ayo lebih banyak jalan kaki atau naik sepeda!

 

Less Trash

Aku selalu memperhatikan jalanan-jalanan besar di Jepang jarang ditemukan tempat sampah. Namun kotanya selalu bersih dan tidak pernah terlihat ada yang buang sampah sembarangan. Ternyata orang Jepang selalu menyimpan sampah mereka untuk kemudian disortir baru dibuang. Sampah terbakar, tidak terbakar, kaleng dan botol minuman tidak akan tertukar dalam satu tempat pembuangan, namun dipisah-pisah. Jadinya kota menjadi lebih bersih, nyaman, dan sehat, serta mencegah penyebaran kuman penyebab penyakit.

 

 

Begitulah Yogurtarian-tachi, mengapa orang Jepang relatif lebih sehat dari orang-orang di negara lain. Tertarik untuk mencoba mengikuti gaya hidup sehat orang Jepang? Yuk, kita mulai dari sekarang! Yogurtarian-tachi bisa coba dengan mulai mengkonsumsi yogurt favoritku; Heavenly Blush Yōguruto! Yogurt sehat yang mengandung lebih sedikit gula sehingga nggak bikin khawatir apabila dikonsumsi setiap hari, malah kamu jadi dapat segala manfaat yogurt!

 

Sekian dulu ceritaku kali ini, semoga bermanfaat ya untuk kalian semua. Ja mata ne!(Sachi, foto: matcha.jp)