#FromSachi : Makanan Sehat Ala Jepang

22 August 2019


Halo Yogurtarian-tachi, berjumpa kembali bersamaku, Sachi. Kali ini aku akan membahas tentang tabemono atau makanan sehat ala Jepang. Jepang terkenal dengan gaya hidup sehatnya, salah satunya adalah makanan atau pola makan yang membuat mereka sehat, segar, dan berumur panjang. Kira-kira makanan seperti apa ya yang bisa membuat tubuh menjadi seperti itu? Ikuti terus yuk ceritaku!

 

 

Kurangi Makan Gorengan

 

Kalau di restoran kita sering melihat menu-menu seperti chicken katsu atau karaage, masakan rumahan Jepang justru sebaliknya, tidak digoreng. Kebanyakan justru diproses dengan cara dikukus, ditumis, atau difermentasi. Hal ini membuat masakan-masakan tersebut terjaga dan tidak hilang nutrisinya, dibandingkan jika dimasak dengan cara menggoreng. Selain itu juga untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh yang dihasilkan dari minyak untuk menggoreng.

 

Makan Masakan Rumah

 

Untuk makan siang, orang Jepang biasanya membawa bekal dari rumah. Bekal ini disebut o bentō. Bukan hanya anak sekolah saja lho, yang mengkonsumsi o bentō, orang dewasa bekerja juga selalu membawa bekal dari rumah. Hal ini disebabkan oleh keinginan orang Jepang untuk mengontrol nutrisi yang terdapat dalam makanan mereka, dibandingkan dengan bila membeli makanan diluaran. Untuk anak sekolah yang lebih kecil seperti SD atau TK, di sekolah sudah disiapkan makan siang yang bergizi untuk mengajari anak-anak pentingnya mengontrol nutrisi.

 

Makanan Hasil Fermentasi

 

Orang Jepang sangat suka makanan yang difermentasi. Contohnya sup miso yang bahan dasarnya terbuat dari fermentasi pasta kacang kedelai, natto yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai utuh, dan juga yogurt. Acar sayur-sayurannya pun merupakan sayuran yang difermentasikan. Mereka percaya bahkan makanan hasil fermentasi baik untuk kesehatan karena mengandung bakteri baik yang sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh kita.

 

Kurangi Asupan Gula

 

Kadang aku suka berpikir, kenapa kue-kue di Jepang ukurannya kecil-kecil dan rasanya tidak terlalu manis? Ternyata memang orang Jepang dalam kesehariannya mengurangi konsumsi gula. Begitu juga untuk minuman, lebih populer yang rasanya tawar, atau minuman dengan lebih sedikit gula, seperti minuman-minuman bening yang sekarang sedang populer. Nah, kalau aku, sukanya minum Heavenly Blush Yōguruto! Aku suka yogurt enak ini karena kandungan gulanya rendah dibanding yogurt lainnya, sehingga aku bisa minum setiap hari tanpa khawatir akan kandungan gula yang tinggi.

 

Gimana Yogurtarian-tachi, menarik kan makanan sehat ala Jepang yang ku makan setiap hari? Ayo, mulai sekarang kamu juga ikut terapkan menu makanan sehat ini dengan keluargamu. Jangan lupa tag @heavenlyblushyogurt di Instagram ya! (Sachi, foto: https://createeathappy.blogspot.com/)