#FromSachi : Outfit Simple Ala Jepang

22 August 2019


Halo Yogurtarian-tachi, kembali lagi bersamaku, Sachi. Kali ini aku punya topik menarik yang belakangan aku coba terapkan sendiri, yaitu capsule wardrobe. Yogurtarian-tachi pasti tahu banget deh, gaya berbusana orang Jepang yang simpel dan stylish dengan warna-warna netral yang selalu enak dilihat mata. Ternyata memang kebiasaannya yang membuat mereka cuma perlu sedikit fashion items untuk bisa terlihat menarik.

 

Aku tertarik banget buat mengikuti metode itu, dan sekarang aku mau berbagi dengan kalian bagaimana caranya menyusun capsule wardrobe. Gimana, tertarik nggak? Simak sampai habis ya!

 

Gaya Minimalis Jepang

 

Kenapa minimalis? Ternyata minimalisme dalam pemilihan pakaian merupakan cara yang paling efektif bagi orang Jepang dalam penghematan waktu. Dengan pilihan pakaian yang bisa dipadu padankan dengan apa saja, orang Jepang percaya bahwa mereka tidak perlu ribet memilih pakai baju apa untuk pergi ke acara tertentu, sehingga jadi hemat waktu ketika bersiap-siap.

 

Manfaat Capsule Wardrobe

 

Kenapa aku tertarik buat bikin capsule wardrobe? Selain hemat waktu seperti yang aku tulis di atas, ada lagi alasannya. Menurutku capsule wardrobe memudahkan aku untuk cari padu padan yang pas tanpa perlu ribet, karena semua fashion items yang aku punya bisa dipadu padankan dengan apapun. Dan aku jadi bisa berhemat uang untuk beli pakaian karena aku hanya akan pakai pakaian yang ku butuhkan saja. Lalu, dengan sedikitnya pakaian yang aku punya, aku nggak perlu ribet membereskan pakaian, karena di Jepang kan aku tinggal sendiri, jadinya harus membereskan rumah sendiri.

 

Capsule Wardrobe yang Ideal

FromSachi Capsule Wardrobe Yoguruto

 

Idealnya, capsule wardrobe terdiri dari 19-21 pakaian diluar 9 pakaian basic yang wajib kalian punya. Pakaian basic ini meliputi baju renang, daster atau baju tidur, baju olahraga, dan pakaian lainnya yang menyokong kegiatan sehari-hari. Nah, sekarang dari 19-21 pakaian ini, kita susun menjadi 10 atasan atau dress, 4 luaran, 4 bawahan, dan 3 pasang sepatu dan sandal yang bisa digunakan untuk berbagai acara.

 

Sangat penting untuk kita pilih pakaian yang berwarna netral dan dapat dipadu padankan dengan bermacam-macam pakaian, Yogurtarian-tachi. Misalnya dalam memilih atasan, pilih atasan berwarna netral seperti kaos berwarna hitam, blus berwarna krem atau biru gelap, dan kemeja putih yang bisa menjadi busana formal maupun non-formal tergantung dipadu padankannya dengan bawahan seperti apa. Begitu pula luaran, bawahan, dan sepatu. Luaran seperti jaket jins dan blazer berwarna netral cocok untuk dipadu padankan sehingga busana yang kita kenakan cocok dengan acara yang kita datangi. Begitu pula bawahan seperti celana jins atau rok hitam.

 

Bagaimana bila 19-21 potong pakaian kurang dari kebutuhan kita? Tentu saja kita bisa memperluas wardrobe kita hingga 30-40 potong pakaian, tetapi ingat, sesuaikan dengan kebutuhan dan pakaiannya harus bisa cocok dengan isi lemari kita.

 

Nah, bagaimana Yogurtarian-tachi? Tertarik mencoba menyusun capsule wardrobe sepertiku? Semoga artikel yang ku tulis ini bermanfaat ya untuk kalian semua! Semoga hidup kita terus-terusan #LESSworry ya! (Sachi)