Akibat Kurang Serat Yang Mungkin Tidak Kamu Tahu

6 February 2019


Yogurtarian, apakah kamu mengkonsumsi cukup serat selama liburan tahun baru? Pasalnya, 70% sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh ada di saluran pencernaan lho, jadi penting sekali untuk kita menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan mengkonsumsi serat secara cukup dan rutin. Tahu nggak akibatnya bila kita kekurangan serat? Yuk simak terus artikel ini.

 

  1. Sembelit

Kalau kamu sulit buang air besar dengan frekuensi kurang dari 3 hari sekali, dan kotoran terasa keras, berarti kamu positif terkena sembelit, Yogurtarian. Kamu harus segera mengkonsumsi makanan tinggi serat disertai dengan berolahraga dan minum air putih yang cukup, untuk melancarkan kembali buang air besarmu. Serat bisa merangsang gerakan usus, sehingga sisa-sisa makanan yang telah dicerna akan cepat dikeluarkan oleh tubuh. Selain itu, kemampuannya dalam menyerap air, membuat sisa makanan lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh.

 

  1. Perut Kembung

Apabila proses pencernaan tidak berjalan dengan semestinya, lambung kita akan terus-menerus mengeluarkan gas yang menyebabkan perut menjadi kembung. Kita jadi sering bersendawa ataupun buang angin. Perut rasanya jadi tidak nyaman. Dengan banyak makan serat, kita jadi terhindar dari perut kembung, dan pencernaan menjadi lebih lancar.

 

  1. Kenaikan Berat Badan

Tahukah kamu, serat juga memiliki kemampuan untuk mengikat tumpukan lemak di dalam tubuh, sehingga membantu mengurangi kadar lemak keseluruhan. Jadi kalau Yogurtarian sering merasa lapar, dan berat badan naik terus-menerus, kemungkinan besar kamu kurang mengkonsumsi serat. Makan makanan tinggi serat yang membuat perut merasa lebih kenyang.

 

  1. Infeksi Saluran Cerna

Sembelit apabila dibiarkan terlalu lama bisa berkembang menjadi penyakit lain yang lebih berbahaya lho, Yogurtarian. Sembelit kronis bisa menyebabkan radang usus, radang usus besar, wasir atau ambeiyen, bahkan hernia. Duh, seram banget kan? Makanya kita harus rajin-rajin mengkonsumsi serat.

 

  1. Peningkatan Kadar Kolesterol

Serat memiliki fungsi mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus, sehingga dengan kurangnya serat, penyerapan kolesterol pun bertambah. Bahayanya, kolesterol dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berat seperti misalnya peningkatan resiko penyakit jantung. Itulah mengapa orang dengan resiko penyakit jantung disarankan untuk mengkonsumsi sayuran setiap hari.

 

 

Nah Yogurtarian, nggak mau kan kalau sampai terkena penyakit-penyakit di atas? Makanya kita harus rajin-rajin mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Untuk kamu yang sibuk, sekarang ada Heavenly Blush Tummy Yogurt yang mengandung serat tinggi. Heavenly Blush Tummy Yogurt Drink mengandung serat dari sayuran dan buah-buahan, dan Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar yang mengandung serat dari 6 multigrains dan kacang-kacangan, menjadikannya kaya akan serat dengan dua kali benefit; menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan buang air besar.

 

Jangan lupa konsumsi serat secara cukup dan teratur ya! Stay healthy with Heavenly Blush. (Q)