Konsumsi Protein Bikin Kenyang Lebih Lama

18 December 2018


Sudah makan cukup tapi kok belum kenyang ya? Mungkin kamu kurang asupan protein, Yogurtarian. Menurut penelitian, mengkonsumsi makanan yang tinggi protein bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama. Yuk simak artikel di bawah untuk lebih jelasnya!

Kenapa Protein Bikin Kenyang Lebih Lama?

Pastinya kita bertanya-tanya kan, kok bisa sih protein bikin kenyang lebih lama? Studi di jurnal Cell mengungkap penyebabnya adalah karena protein efektif menghalangi saraf mu-opioid receptor (MOR) di perut yang mengirim sinyal lapar dan kenyang ke otak. Lewat saraf MOR tubuh berkomunikasi dengan otak memberitahu kapan saatnya makan dan kapan harus berhenti. Ketika saraf MOR di perut terstimulasi maka ia akan mengirim sinyal yang mendorong seseorang untuk terus makan sampai saraf tertutup atau terhalangi, dan saat itulah seseorang akan merasa kenyang.

Protein VS Karbohidrat

Protein mencerna makanan dengan lambat dan stabil, sehingga membuat Kamu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebih. Pernah ada penilitian dimana orang-orang telah berpuasa diberikan makanan yang mengandung protein. Lalu saat dimonitor oleh para ahli, mereka merasa lebih kenyang selama beberapa waktu. Menurut Professor Richard Mattes dari Purdue University, penelitian itu menunjukkan asupan protein tinggi menyebabkan tubuh terasa lebih kenyang.

Sedangkan ketika mengkonsumsi karbohidrat, tubuh membakar kalori lebih sedikit dibanding ketika mencerna protein. "Mengonsumsi lebih banyak protein dalam makanan Anda membantu Anda merasa kenyang karena memperlambat pencernaan dan membantu mencegah pemecahan karbohidrat dalam makanan yang menyebabkan Anda tidak membakarnya dengan benar dan akhirnya merasa lapar setelah makan," kata Jessica Cording, RD., seorang ahli diet terdaftar di New York City. Nah, Yogurtarian, sekarang jelas kan kenapa mengkonsumsi karbohidrat malah bikin cepat lapar lagi.

Greek Yogurt, Snack yang Mengenyangkan

Nah, salah satu makanan dengan protein yang tinggi adalah greek yogurt. Greek yogurt mengandung lebih banyak protein dibandingkan yogurt biasa, karena dibuat melalui proses penyaringan, yang menjadikan greek yogurt kental dan tinggi protein, bikin kenyang lebih lama. Nikmati Heavenly Blush Greek Yogurt sebagai pengganjal laparmu setiap hari. Heavenly Blush Greek Yogurt Flip dengan topping buah-buahan segar sesuai seleramu, atau Heavenly Blush Greek Yogurt Click yang segar dan siap minum kapanpun dimanapun. Stay healthy with Heavenly Blush!