Lindungi Keceriaan Si Kecil Dari Sakitnya Sembelit

18 February 2019


Saat si kecil sedang sakit, hati pasti tidak tenang ya Moms. Terutama pada saat dia sedang sembelit (konstipasi). Si kecil jadi rewel dan tidak dapat beraktivitas karena perut yang sakit dan tidak nyaman setiap saat. Sebagai seorang Ibu pasti merasa resah dan khawatir. Yuk Moms, kenali gejala konstipasi pada anak dan cara untuk mengatasinya agar si kecil bebas dari rasa sakit perut yang melilit.

 

  • Tapi, apakah konstipasi pada anak?

Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah gangguan pada sistem pencernaan yang menimbulkan pengerasan tinja (feses) yang berlebihan sehingga sulit untuk dikeluarkan. Penumpukan dan pengerasan tinja menyebabkan rasa sakit yang sangat tidak nyaman di bagian perut anak. Anak-anak masih sangat sensitif terhadap rasa sakit terutama di bagian perut, sehingga sakit yang dirasakan anak Anda akan berlipat kali lebih meresahkan untuk mereka.

 

Percayakah Moms, Anak-anak rentan mengalami sembelit. Coba cek ketika anak mengalami gejala kesulitan buang air besar dengan frekuensi yang jarang (normalnya buang air besar anak minimal 5 kali dalam seminggu), sakit perut dan kembung, mengejan terlalu keras saat buang air besar. Nah jika si kecil mengalami hal diatas, cepat lakukan beberapa penanganan dibawah ini agar Anda dan anak Anda dapat bermain bersama tanpa resah lagi :

 

  • Pastikan cairan tubuh terpenuhi

Minum, terutama minum air putih yang banyak dapat membantu menyembuhkan sembelit pada anak Anda. Air dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan dan pergerakan usus anak Anda. Air juga diperlukan untuk membuat feses lebih bervolume dan lunak, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Dorong anak untuk minum air putih setidaknya 8-10 gelas dalam sehari. Air putih juga dapat membuat tubuh anak lebih sehat.

  • Memberikan makanan mengandung serat

Konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti aneka jenis kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayur-sayuran dapat menjadi langkah dalam mengatasi sembelit yang dialami anak. Mulailah dengan cara perlahan dengan menyisipkan makanan berserat pada makanan yang dikonsumsi agar anak terbiasa.

Beberapa contohnya adalah:

  • Sayuran: sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan lobak hijau, ubi, kentang.
  • Buah-buahan: apel, pir, kiwi, aprikot, mangga, buah berry (strawberry, raspberry, blueberry, blackberry).
  • Kacang-kacangan: kacang hijau, kacang merah, kacang almond, kenari.
  • Karbohidrat berserat tinggi: roti gandum, beras merah, beras hitam, oatmeal, quinoa.

Sedang sembelit atau tidak sembelit, sebaiknya penuhi kebutuhan serat anak Anda untuk melancarkan pencernaan. The American Dietetic Association merekomendasikan asupan serat per hari sebesar 20  gram.

 

Selain itu makanan mengandung prebiotic seperti yogurt, dapat membantu meningkatkan penyembuhan sembelit yang berasal dari usus. Yogurt mengandung bakteri baik yang dalam membantu melawan bakteri jahat penyebab sembelit pada usus, juga dapat membantu proses penyerapan makanan dalam usus, serta meningkatkan imunitas anak.

Heavenly Blush yogurt, memiliki varian yogurt khusus untuk anak yang mengandung 30% persen dari kebutuhan serat anak setiap hari ini, juga berasal dari jus dan buah sehingga aman dan dapat membantu penyembuhan dan pencegahan sembeli pada anak.

Jadi tidak perlu panik lagi Moms jika anak mengalami gejala konstipasi atau sembelit. (LS)