Manfaat Makan Buah dan Sayur untuk Anak

29 January 2019


Moms tahu nggak, kesehatan Si Kecil dapat dilihat dari kesehatan pencernaannya lho. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaannya adalah dengan memberinya asupan serat yang cukup. Nah, Moms, baca terus untuk mengetahui apa-apa saja manfaat serat bagi kesehatan anak ya!

 

Apa Itu Serat?

 

Serat makanan adalah bagian dari makanan yang tidak dapat dihancurkan oleh pencernaaan. Serat terdapat pada buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Ada dua jenis serat, yaitu serat larut air (soluble fibre) dan serat tidak larut air (insoluble fibre). Serat larut air akan dicerna di dalam usus, mengatur buang air besar serta mencegah sembelit, sehingga membantu menjaga kesehatan usus besar kita.

 

Mengapa Serat Penting Untuk Si Kecil?

 

Makan makanan berserat tinggi penting sekali untuk kesehatan pencernaan si Kecil, diantaranya dengan cara menormalkan gerakan usus, membantu menjaga kesehatan usus, menjaga kualitas tinja dan mempermudah proses buang air besar. Dengan demikian, Si Kecil dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, serta memungkinkannya mencapai berat badan yang sehat. Hal tersebut nggak hanya menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil, namun juga meningkatkan daya tahan tubuhnya, sehingga mendukung tumbuh kembang Si Kecil secara optimal.

 

Selain manfaat-manfaat di atas, serat sangat dibutuhkan untuk menghindari risiko Si Kecil terkena sembelit. Bahkan serat juga dapat mencegah terjadinya infeksi saluran pencernaan atau peradangan usus yang bisa menimbulkan rasa sakit pada perut. Karena itu,  asupan serat yang cukup akan mendukung pertumbuhan Si Kecil.

 

Penuhi Kebutuhan Seratnya!

 

Moms, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan serat harian Si Kecil ya. Idealnya, konsumsi buah sebanyak  2-3 porsi sehari, dan sayur 3-5 porsi sehari. Dan untuk membantu mengoptimalkan asupan seratnya, Moms bisa coba berikan Si Kecil Heavenly Blush Yo! Yogurt khusus anak yang mengandung serat buah dan sayur, dapat memenuhi 30% serat hariannya. Dengan rasa buah-buahan yang enak, anak pasti suka!

 

Segitu dulu artikel kali ini ya Moms. Stay healthy with Heavenly Blush! (Q)