Mengapa Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Obat Pencahar?

22 August 2019


Obat pencahar seringkali menjadi solusi untukmu yang sulit buang air besar atau sembelit. Sekali-dua kali sebenarnya tidak apa-apa, tetapi obat pencahar tidak untuk digunakan berkepanjangan. Nah, kira-kira kapankah sebenarnya kamu perlu minum obat pencahar? Apakah obat pencahar memang benar-benar diperlukan?

 

Kenapa Seseorang Bisa Sembelit

 

Seseorang dikatakan sembelit apabila frekuensi buang air besarnya lebih jarang dari biasanya. Frekuensi buang air besar setiap orang berbeda-beda, tapi umumnya buang air besar rutin terjadi tiga kali dalam seminggu. Jangan khawatir Yogurtarian, tidak buang air besar tiga kali seminggu tidak lantas menjadikanmu sembelit, karena frekuensi buang air besar tiap orang tidaklah sama.

 

Gejala yang dirasakan pada saat sembelit antara lain perut terasa penuh, terasa sakit, berdasah ketika buang air besar, dan merasa tidak puas setelah buang air besar. Umumnya, penyebab sembelit berkaitan erat dengan gaya hidup, seperti volume minum air putih setiap harinya, berapa banyak gerak yang dilakukan sehari-hari, dan lain sebagainya.

 

Jenis-Jenis Obat Pencahar

 

  1. Obat Pencahar Bulk Forming

Cara kerjanya hampir sama dengan serat di dalam tubuh, yaitu menyerap lebih banyak air sehingga kotoran menjadi lebih lunak, besar, dan mudah dikeluarkan.

 

  1. Obat Pencahar Osmotik

Bekerja dengan cara meningkatkan kadar air dalam usus, sehingga mempermudah gerakan usus dalam mengeluarkan kotoran.

 

  1. Obat Pencahar Stimulant

Bekerja dengan cara merangsang gerakan usus agar lebih cepat. Selain itu, obat ini juga mampu mempengaruhi syaraf yang menggerakan otot-otot usus agar kecepatan gerakannya meningkat.

 

  1. Obat Pencahar Lubrikan

Cara kerjanya adalah meningkatkan kadar air di antara dinding usus dan kotoran, sehingga kotoran lebih mudah keluar.

 

Hati-Hati Mengkonsumsi Obat Pencahar

 

Obat pencahar dapat menyebabkan ketergantungan bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Segera konsultasikan pada dokter apabila penggunaan obat terus berlanjut. Selain itu, obat pencahar juga rentan memunculkan alergi. Segera konsultasikan dengan dokter apabila terdapat tanda-tanda alergi yang terjadi setelah mengkonsumsi obat pencahar.

Obat pencahar juga berpotensi memunculkan efek samping. Efek samping obat pencahar antara lain perut kembung, sering buang gas, nyeri atau kram perut, merasa tidak enak badan, dan dehidrasi yang dapat mengakibatkan sakit kepala serta warna urine lebih gelap daripada biasanya.

 

Sembuhkan Sembelit Tanpa Obat Pencahar

 

Jangan khawatir Yogurtarian, banyak cara untuk mengatasi sembelit tanpa obat. Salah satunya adalah makan makanan yang dapat membantu mengatasi sembelit. Heavenly Blush Tummy Yogurt dengan 2x benefit; membantu menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan buang air besar, hadir untuk memenuhi kebutuhan serat harianmu agar kamu bebas dari sembelit. Konsumsi Heavenly Blush Tummy Yogurt Drink dengan serat tinggi dari sayur dan buah setiap hari untuk menghindarkanmu dari resiko sembelit, serta Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar dengan serat tinggi dari 6 multigrains dan kacang-kacangan sebagai kudapan soremu. (Q)