Quality Time Sambil Belajar Bersama Anak

1 February 2019


Hai Moms,

Sabtu dan Minggu adalah hari yang pasti ditunggu-tunggu untuk quality time sama keluarga, terutama dengan si kecil yang sekarang sudah sibuk dengan kegiatan sekolahnya. Untuk quality time dengan si kecil tidak sulit kok Moms, ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan bersama saat weekend di rumah. Apa saja ya kira-kira…

 

Bercocok Tanam

Mengajak anak untuk bercocok tanam merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus edukatif. Mengenalkan anak pada tumbuh-tumbuhan, mulai dari cara menanam dari benih/biji, merawatnya dan menyiraminya hingga tumbuh besar. Peralatan yang dibutuhkan juga tidak sulit hanya sekop dan pot tanaman, pun bisa diganti dengan ember yang sudah tidak terpakai.

Bermain dengan tanah juga banyak manfaatnya lho Moms, dikutip dari laman Times of India, Dokter pediatrik di Patil Hospital mengutarakan bahwa bermain dengan tanah dapat menguatkan kekebalan tubuh anak, memicu perkembangan kognitif otak anak, serta melatih sensor motorik mereka.

 

Merapikan dan Menata Ulang Mainan

Terdengar kejam ya, Moms? Liburan kok disuruh beres-beres rumah. Eitss, kegiatan ini bisa jadi menyenangkan lho Moms. Tidak perlu beres-beres rumah yang terlalu berat, hanya menata dan merapikan koleksi mainan mereka, juga bisa memilih mainan mana yang masih bisa dimainkan dan yang rusak, atau menyortir mainan yang sudah tidak terpakai dan bisa didonasikan. Lalu setelah itu bisa menata ulang kembali kamar atau tempat main anak, agar tidak bosan dengan layout yang begitu-gitu saja. Si kecil juga diajak untuk menata ulang kamar/tempat mainnya agar tumbuh kesadaran untuk selalu membereskan mainan setelah ia mainkan.

 

Membuat dan Menghias Smoothies Bowl

Si kecil susah makan sayur karena pahit? Ini ada salah satu cara untuk menyiasati agar si kecil makan sayur, Moms. Sayur dan buah diblender dan dijadikan smoothies. Pakailah buah-buahan yang bertekstur padat seperti pisang, mangga, atau alpukat agar smoothies memiliki tekstur yang padat agar mudah saat menghias. Taruh smoothies di mangkuk dan hias bersama si kecil. Untuk topping hiasan tidak perlu yang sulit-sulit Moms, potongan buah atau sereal yang disukai si kecil juga cukup.

Menghias smoothies ini dapat dilakukan sambil menghafal nama-nama sayur dan buah, serta mengedukasi anak mengenai manfaat dari serat sayuran dan buah. Serat sayur dan buah ini baik lho Moms untuk melancarkan percernaan anak, karena dalam 1 hari mereka butuh serat sekitar 22 gram per hari.

 

Ketiga kegiatan ini selain menyenangkan juga edukatif kan, Moms? Si kecil secara tidak sadar juga akan belajar beberapa pelajaran kecil terkait dengan kehidupan sehari-hari. Jadi, sudah ada ide bagaimana menghabiskan weekend ini bersama si kecil? (LS)