Anak Susah Makan Sayur? Jangan Khawatir!

4 February 2019


Moms, pernah bertengkar dengan anak karena sulit makan sayur?

Sudah melakukan beberapa cara untuk membujuk anak makan sayur?

 

Sayur memang memiliki rasa dan tekstur yang tidak disukai anak-anak, terutama karena rasanya yang pahit. Tapi ada juga lho, Moms sayuran yang rasanya manis seperti jagung, wortel, ataupun selada. Coba dikenalkan dengan sayuran-sayuran ini, dan tunjukan bahwa sayur-sayuran tidak pahit dan enak. Mengapa penting mengenalkan anak sejak dini mengenai  sayur? Karena sayur merupakan salah satu sumber serat anak, pun selain sayur, buah-buahan sama pentingnya. Serat sayur dan buah sangat berguna untuk pencernaan anak karena 80% sistem kekebalan tubuh berasal dari pencernaan yang sehat.

Jadi apa yang biasa dilakukan Moms untuk membujuk anak makan sayur? Berikut beberapa tips kalau anak sulit makan sayur:

 

 

Berikan Anak Contoh

Anak merupakan peniru ulung dari apa yang dilakukan orang tuanya. Mulai dari kebiasaan berbicara, sampai melakukan perkerjaan sehari-hari, pasti ada yang ditangkap dan ditirukan oleh anak. Juga dengan kebiasaan makan sayur. Coba dengan membiasakan makan sayur di depan anak dan menceritakan dengan ringan tentang manfaat sayur. Lambat laun anak akan memahami bahwa sayur adalah bagian penting dari setiap makan.

 

 

Biasakan anak terekspose sayuran

Taruh sayuran di kulkas. Jadi setiap si kecil buka kulkas dia akan melihat sayuran sebagai hal yang familiar untuknya.

 

 

Jangan menyembunyikan sayur dalam makanan anak

Hayo, ini nih yang biasanya dilakukan ya kan Moms? Menaruh sayuran diantara telur atau dibawah nugget. Hal ini malah terkadang jadi boomerang lho Moms. Ketika anak tahu dia memakan sayuran yang dia benci dalam telur kesayangannya, dia akan merasa dibohongi dan selalu merasa curiga akan apa yang dia makan. Setiap kali akan makan telur, dia akan membuka telur tersebut dan mencari sayuran di dalamnya, hal ini malah akan menurunkan nafsu makannya lho.

 

 

Sudah melakukan hal diatas namun tetap saja anak sulit makan sayur? Mungkin bisa membuat campuran jus buah dan sayur Moms? Atau minum Heavenly Blush Yo! Yang khusus dibuat untuk anak. Heavenly Blush Yo! Yogurt For Kids merupakan yogurt dengan campuran jus buah dan sayur yang dapat melengkapi 30% dari kebutuhan serat anak perharinya. Selain itu juga bisa mengenalkan sayur kepada anak dengan rasa yang enak kan Moms. (LS)